Portal Indonesia
Habibie

Gaji Geuchik di Aceh Utara Naik Setara Gaji ASN Golongan II

berita terkini
Ilustrasi
ramadhan

PORTAL INDONESIA, ACEH UTARA –Gaji Geuchik (kepala desa) dan Keurani Gampong non PNS atau Sekretaris Desa (Sekdes) di Kabupaten Aceh Utara, mulai Tahun 2020 meningkat secara signifikan.

Hal itu sebagaimana tertuang dalam Peraturan Bupati Aceh Utara (Perbup) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pengalokasian Alokasi Dana Gampong Setiap Gampong di Aceh Utara. (13/02/20)

Gaji Geuchik sebelumnya Rp 1.209.000, mulai tahun 2020 menjadi Rp 2,426.640/bulan.

Sedangkan Sekdes sebelumnya Rp 840.000 menjadi Rp 2.224.420/bulan mulai tahun 2020.

Begitu juga untuk perangkat desa juga meningkat, dari sebelumnya Rp 600 ribu meningkat menjadi Rp 1 juta per bulan.

Masing-masing, Keurani Cut Urusan Umum dan Perencanaan, Keurani Cut Urusan Keuangan, Kepala Seksi Pemerintahan dan Kemasyarakatan, Kepala Seksi Pembangunan dan Pemberdayaan dan Ulee Jurong.

Dalam perbup Kabupaten Aceh Utara, juga disebutkan jumlah tunjangan tuha peut dan anggota tuha peut yaitu Rp 500 ribu dan Rp 450 ribu/bulan.

Namun, untuk imam desa jumlah honorarium yang disebutkan per bulannya Rp 600 ribu.

Selain itu, juga disebutkan honorarium staf/ operator komputer Rp 350 ribu perbulan.

“Perbup tersebut mulai berlaku pada Januari 2020,” jelas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPM PP dan KB) Kabupaten Aceh Utara Fakhrurradhi MH kepada wartawan.

Disebutkan, jumlah gaji untuk Geuchik, untuk perangkat desa, tuha peut dan imam desa serta operator komputer yang tersebut dalam perbup itu, sudah mengalami kenaikan jumlahnya dari tahun sebelumnya.

“Dalam aturan, kenaikan gaji hanya disebutkan untuk Geuchik dan perangkat desa saja setara Pegawai Negeri Sipil (PNS) golongan II. Sedangkan imam desa dan tuha peut tidak termasuk perangkat desa, tapi lembaga desa. Pun demikian kalau perangkat desa sudah naik gajinya,” ucap Kepala DPM PP dan KB Aceh Utara.

Pak Bupati dan Wakil Bupati berpikir, jika untuk perangkat desa sudah baik lembaga desa juga harus dinaikan, tapi tidak mampu untuk disamakan,” ujar Kepala DPM PP dan KB Aceh Utara.

Karena itu, desa harus meningkatkan Pendapat Asli Daerah (PAD).

Sehingga dengan meningkatnya PAD, juga dapat ditingkatkan gaji tuha peut dan imam desa. 

Reporter : Nurmansyah
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Muscab Himpaudi Banyuputih Lancar, Pemilihan Ketua Diwarnai Pertanyaan Tajam
Berita Selanjutnya Tempati Kantor Baru, LSM GMBI Distrik Purworejo Gelar Tasyakuran 

Komentar Anda