Portal Indonesia
Habibie

Giat Skrining TBC di Inzah Genggong, Ini Penjelasan Tim Fendor Kemenkes RI

berita terkini
Tim Fendor dari Kementerian Kesehatan RI, Junia, saat memberikan penjelasan terkait skrining TBC di Kampus Inzah Genggong. 
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, PROBOLINGGO - Dalam rangka mencegah penularan penyakit Tuberkulosis (TBC) di beberapa tempat yang memiliki potensi penularan seperti pondok pesantren dan lapas, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI memprioritaskan pemeriksaan atau skrining di lima provinsi yang salah satunya adalah Jawa Timur. 

Hal tersebut diutarakan oleh Tim Fendor dari Kementerian Kesehatan RI, Junia (23) saat memberikan materi terkait penyakit TBC kepada mahasiswa di kampus Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan (Inzah) Genggong, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Minggu (26/1/2020). 

"Kegiatan seperti ini merupakan program dari Kementerian Kesehatan RI. Kegiatan skrining TBC ini tidak hanya di kampus Inzah saja, namun nanti akan di adakan di tempat yang lain," jelasnya. 

Dalam kegiatan ini, salah satu mahasiswa Inzah Genggong, Begi (20) mengatakan, langkah dan program ini sangat bagus dan tepat. Sebab menurut Begi, dengan skrining TBC di pondok pesantren, maka santri dapat mengetahui apakah terkena penyakit tersebut atau tidak. 

"Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Jika sudah terkena penyakit tersebut maka perlu biaya. Untuk itu saya berharap skrining ini juga melibatkan masyarakat luas, karena sangat bermanfaat," beber mahasiswa semester 3D asal Sidopokso, Kecamatan Kraksaan itu. 

Reporter : A. Hadari Asyari
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Esensi Politik Identitas Menjelang Pilkada
Berita Selanjutnya Tempati Kantor Baru, LSM GMBI Distrik Purworejo Gelar Tasyakuran 

Komentar Anda