Portal Indonesia
Habibie

Esensi Politik Identitas Menjelang Pilkada

berita terkini
Penulis, Sofyan Sauri, M.Pd.I
ramadhan

PORTAL INDONESIA - Kegiatan politik yang didasari atas kesamaan latar belakang dan keanekaragaman sosial lainya dalam kehidupan manusia menurut perspektif realitas Politik Identitas tak lepas dengan yang namanya wadah. Hal ini untuk menciptakan kegiatan yang mendukung nilai sosial terhadap kandidat dalam Pemilu atau Pilkada. 

Meretas sebuah makna perkembangan politik, terdapat sebuah fenomena alam yang terus mengungkap berbagai macam perbedaan antar sesama manusianya. Seperti yang dikatakan Dr.  Sri Astuti Buchari , MSI., dalam bukunya "Marjinalisasi dan diskriminasi yang dialami sebuah etnis dalam kurun waktu yang sangat lama membuat ikatan emosional etnis semakin erat dan kuat, karena adanya common cause, common goal, and common interest dan akhirnya memunculkan politik identitas".

Politik identitas sendiri memiliki dampak positif untuk mensukseskan Pilkada. Sebab, dengan kegiatan atau adanya politik identitas sepertinya bisa mampu menyatukan kekuatan organisasi dan Masyarakat untuk mengkonsilidasikan kesamaan visi misi dalam memenangkan peta percaturan politik. Walaupun disisi lain akan memunculkan beberapa dampak negatifnya. 

Menurut analisis penulis, tidaklah satu-satunya partai politik sebagai mobilisator atau wadah untuk pemenangan Pilkada. 

Maka politik identitas dalam perspektif Islam sah-sah saja, selama masih memiliki orientasi untuk mempersatukan satu ke satuan latar belakang dan etnis di kalangan masyarakat yang sangat berbeda, karena manusia dihadapan Allah SWT itu yang dilihat bukanlah latar belakang, etnis, dan budaya, melainkan ketaqwaan dan kepatuhan dalam menjalani perintah-Nya. (*)

Reporter : -
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Memenangkan Paslon Perseorangan Bupati dan Wakil Bupati 
Berita Selanjutnya Tempati Kantor Baru, LSM GMBI Distrik Purworejo Gelar Tasyakuran 

Komentar Anda