Portal Indonesia
Habibie

Kunjungi Aceh Utara, KKP RI dan Komisi IV RI Kampanyekan Gemarikan

berita terkini
Saat Koordinator IPKANI Aceh menyambut kedatangan Tim Rombongan Safari Gemarikan.
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, ACEH UTARA - Kampanyekan Gerakan Makan Ikan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI gelar Safari Gemarikan bersama Komisi IV DPR RI di Gedung serba guna Kec. Lapang Kabupaten Aceh Utara, Sabtu (25/01/2020).

Wakil Bupati Aceh Utara , Fauzi Yusuf bersama jajaran turut hadir ikut serta mengkampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) bagi masyarakat Aceh Utara

Pemkab Aceh mendapat bantuan 1 unit mobil ATI (Alih Teknologi Informasi) dari KKP RI yang di serahkan langsung oleh Komisi IV DPR RI, MUSLIM, SHI, MM kepada wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf.

Dr. Agus Suherman, S.Pi, M.Si Direktur Jendral Penguatan Daya Saing Produk Kelautan Dan Perikanan mengatakan, KKP  terus gencar mengkampanyekan Gemarikan. Awal tahun 2020 kegiatan Gemarikan pertama dilaksanakan di kabupaten Aceh Utara di dan selanjutnya dilanjutkan ke kabupaten/kota seluruh provinsi di Indonesia.

Program ini juga untuk mendukung program nasional penanganan stunting sekaligus Germas di Indonesia. “Penurunan angka stunting bisa diturunkan dengan gemar makan ikan,” ujar Agus.

“Ayo kita makan ikan setiap hari, karena ikan proteinnya penting untuk kita, mudah, murah serta lengkap gizinya. Kalau kita makan ikan, insya Allah kita jadi cerdas, kuat, dan sehat,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama,Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat IPKANI Herman Khaeron sekaligus Wakil Ketua Komisi IV DPR RI melalui Agussalim ST, Koordinator  IPKANI  Aceh yang ikut hadir dalam acara Gemarikan mengatakan, peningkatan konsumsi ikan merupakan program pemerintah dalam upaya menurunkan masalah gizi seperti stunting  (kerdil), wasting (lemah), overweight (kelebihan berat badan).

Agus  juga menyampaikan, keberadaan penyuluh perikanan sesuai dengan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudidaya Ikan, dan Petambak Garam bahwa Aceh Utara berpeluang menjadi salah satu lumbung ikan nasional. Maka dari itu, Aceh Utara akan meningkatkan produksi dan ekspor ikan melalui Program penyuluhan.

“Beberapa langkah yang dilakukan Kabupaten Aceh Utara, dengan penyuluh Perikanan PNS/PPB yakni (1). mendorong tumbuhnya usaha budidaya perikanan dan memberikan pendampingan pemasaran, (2). pemasaran  mengintegrasikan nelayan dan keluarga nelayan dalam pengembangan industri pengolahan perikanan”, Ujarnya.

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPR Muslim,SHI,MM.mengatakan dalam sambutannya agar program makan ikan dapat terus didukung oleh pemerintah kabupaten/kota dengan mengkampanyekan Gemarikan didaerahnya masing-masing.

“Manfaat ikan yang begitu banyak harus dipahami oleh masyarakat, saya berharap untuk kedepan pemerintah kabupaten dapat menggaungkan Gerakan Makan Ikan ini di daerahnya”, Ujarnya.

“Ikan itu proteinnya sangat tinggi, makanya ini harus terus di kampanyekan. Dengan cara seperti ini tentu gizi di masyarakat akan terus meningkat”, Terangnya.

Usai kegiatan Safari Gemarikan dilanjutkan kegiatan lain ysng telah disiapkan oleh panita pelaksana, diantaranya edukasi makan ikan, demo masak olahan ikan dan makan menu ikan bersama-sama. 

Reporter : Azhari
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Sempat Kabur Hampir 2 Bulan, Akhirnya DPO di Kotabumi Utara Ini Ditangkap Polisi 
Berita Selanjutnya Tempati Kantor Baru, LSM GMBI Distrik Purworejo Gelar Tasyakuran 

Komentar Anda