Portal Indonesia
Habibie

Waduk Bojongsari Dipenuhi Sampah, Warga Minta Pemerintah Tidak Diam

berita terkini
Kondisi sampah yang menumpuk di pintu air Waduk Bojongsari, Indramayu, Jabar. 
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, INDRAMAYU - Perilaku sadar terhadap sampah belum banyak dimiliki masyarakat, terutama masyarakat pedesaan. Pemandangan sampah yang dibuang sembarangan, seperti terlihat di Waduk Bojongsari Kecamatan/Kabupaten Indramayu, Jabar. 

Pantauan di waduk Bojongsari, Sabtu (25/01/2020), terlihat tumpukan sampah menggenang hingga memadati pintu air di waduk tersebut.

Kondisi tersebut dikeluhkan oleh warga sekitar waduk. Warga menilai pemerintah terkait seakan tutup mata karena persoalan tersebut sudah lama dan sering kali terjadi. Hal ini disampaikan salah satu tokoh pemuda setempat, Ahmad Warjani (38) kepada wartawan Portal Indonesia.

Warjani mengatakan, semakin hari sampah yang menggenang di pintu air Waduk Bojongsari semakin terus menumpuk hingga menimbulkan kekhawatiran warga, sampah itu meluap kepemukiman seiring dengan naiknya air disaat curah hujan semakin tinggi.

”Tumpukan sampah semakin hari meningkat terus, saya khawatir ketika debit air naik karena curah hujan dan kiriman dari pegunungan sudah banyak maka saya pastikan akan meluap kepemukiman mas," beber Warjani, Sabtu (25/01) di sekitaran lokasi waduk. 

Menurut Warjani, selain tidak enak dipandang mata, juga memiliki potensi adanya wabah penyakit yang ditimbulkan dari sampah tersebut. Apalagi sudah musim hujan seperti saat ini. 

"Pemerintah kemana, apakah tidak membaca kemungkinan kedepan yang akan berdampak pada kami, terutama warga Blok Bungkul Barat," tegas Warjani.

Keluhan serupa diutarakan oleh Mista selaku Ketua RT 04. "Kalau sudah turun hujan dengan insentifitas tinggi dikhawatirkan air berikut sampah itu meluap ke pemukiman sehingga membuat persoalan baru pada masyarakat," tandasnya. 

Mista menabahkan, sampah-yang menumpuk di pintu air di waduk itu kiriman dari luar. "Kami warga sekitar sini tidak membuang sampah ke waduk. Itu kiriman dari luar yang mengumpul ke pintu air waduk," ungkapnya. 

Warga di sekitar waduk berharap adanya tindakan serta kepedulian pihak pemerintah terkait agar sampah yang semakin banyak dan memadati saluran air sungai Cimanuk dapat teratasi tidak menumpuk di Waduk Bojongsari. 

”Kami harap pihak pemerintah terkait dapat cepat mengatasi persoalan sampah sampah yang semakin banyak dan memadati saluran air sungai Cimanuk dan sampah yang berada di pintu air Waduk Bojongsari," harap warga yang disampaikan melalui Mista dan Ahmad Warjani.  

Hingga berita ini ditayangkan, pihak Kelurahan dan pihak Dinas Lingkungan Hidup belum bisa dimintai keterangannya. Sementara warga Blok Bungkul Barat, masih menunggu tindakan dari pihak baik dari pemerintah setempat maupun pemerintah terkait. 

Reporter : A. Roso
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Ratusan Orang Daftar Calon PPK di Kabupaten Situbondo
Berita Selanjutnya BPPP Medan Selenggarakan Pelatihan Teknis Diversifikasi Bagi pengolah ikan di DKP Aceh Utara

Komentar Anda