Portal Indonesia
Habibie

Gunakan Modus Punya Orang Dalam Raup Rp 70 Juta, Calo CPNS Ini Ditahan Polisi

berita terkini
Saat konfersi pers di Mapolres Probolinggo. 
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, PROBOLINGGO - Menggunakan modus punya orang dalam dan dapat meluluskan ujian calon pegawai negeri sipil (CPNS), Gunwahidi (61) warga Dusun Krajan, Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, diamankan di Polres Probolinggo. 

Pelaku yang kini menjadi tersangka atas dugaan tindak penipuan tersebut, harus mendekam dibalik jeruji besi setelah dilaporkan oleh satu korbannya yang tidak lolos mengikuti seleksi CPNS yang diselenggarakan pemerintah daerah Kabupaten Probolinggo. 

Pengakuan tersangka saat konfersi pers di Mapolres Probolinggo, Jumat (24/1/2020), dirinya mengenal orang dalam yang ada di pemerintahan daerah sehingga berani menjajikan lulus dengan syarat membayar sejumlah uang yang diminta oleh pelaku. 

Namun kenyataannya korban tidak lulus dalam tes tersebut. Sehingga korban menagih janji dan meminta uang tersebut dikembalikan sebesar Rp 70 juta.

AKBP Eddwi Kurniyanto Kapolres Probolinggo mengatakan, sementara hanya satu orang korban yang melapor. "Kami masih menunggu terkait kasus penipuan ini, mungkin masih ada pelapor yang lain," ungkapnya. 

Polisi mengimbau masyarakat tak mudah terbuai tawaran jaminan kelulusan tes CPNS dengan syarat memberikan sejumlah dana. 

Akibat perbuatannya pelaku dijerat pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

Reporter : A. Hadari Asyari
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Kasus Sunda Empire Aceh, Polisi Tidak Temukan Pelanggaran Pidana
Berita Selanjutnya LPI-FPI Deklarasi Program Sosial MAMeh

Komentar Anda