Portal Indonesia
Habibie

Warga Sembilan Desa di Butuh Purworejo Bersihkan Enceng Gondok 

berita terkini
Saat warga dari 9 desa membersihkan enceng gondok di irigrasi Kolektor aliran sungai Dlangu
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, PURWOREJO - Warga sembilan desa di Kecamatan Butuh dan Grabag Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, menggelar aksi bersih bersih enceng gondok di irigasi Kolektor drainase aliran sungai Dlangu ke sungai Lereng, Selasa (21/1/2020). 

Dibantu personil Polsek Grabag, Koramil Grabag, BPBD Purworejo dan SDA Probolo Kutoarjo, terjun langsung di irigasi memunguti tanaman hama yang berada dialiran irigasi dengan panjang 7 km yang melintasi dua kecamatan itu.

Ketua Paguyuban Wlingi yang juga sebagai Kades Tamansari Kecamatan Butuh, Ponco Radius Widodo, saat ditemui portalindonesia net menjelaskan, warga dari 9 desa di kecamatan Butuh dan Grabag, yaitu Sumbersari, Langenrejo, dan Tamansari (kecamatan Butuh), Desa Bendungan, Rowodadi, Trimulyo, Kalirejo, Tegalrejo, Tulusrejo (kecamatan Grabag), telah menjalin MOu bersama dengan membentuk paguyuban Mlangi untuk mengatasi persoalan irigasi Kolektor drainase aliran sungai Dlangu ke sungai Lereng.

"Kami warga dari 9 desa sepakat menggelar aksi bersih-bersih enceng gondok ini untuk menekan populasi tanaman tersebut karena sudah dalam kondisi yang memprihatinkan," kata Ponco Radius Widodo, bersama Camat Butuh, Ickbal Nugroho, SSTP., MIP. 

Dikatakannya, sepanjang aliran irigasi tersebut sebagian permukaan airnya sudah tertutupi eceng gondok. Terlebih, di musim hujan seperti sekarang ini, eceng gondok tumbuh semakin subur.

"Kondisi yang demikian tersebut bisa menghambat aliran air sehingga mengakibatkan banjir, kelancaran air di saluran irigasi tersumbat. Selain itu, tanaman tersebut yang sangat cepat maka perlu diberantas dengan cepat pula," ujarnya.

Kerja bakti itu, lanjutnya, akan dilaksanakan selama dua hari. Meski tak bisa membersihkan enceng gondok secara keseluruhan, setidaknya aliran irigasi menjadi lancar dan berkurang dalam perkembangan populasi enceng gondoknya.

"Sebenarnya ada manfaat dari enceng gondok ini baik untuk pupuk maupun kerajinan. Oleh karena itu kedepan kami dari 9 desa ini juga sepakat akan melakukan edukasi pemanfaatan enceng gondok, agar tak hanya terbuang sia sia dan bisa dimanfaatkan oleh warga," katanya.

Tak hanya itu, warga berencana kedepan akan melakukan penebaran bibit ikan dan menjadikan irigasi itu sebagai tempat penghasil ikan. 

"Minimal air menjadi lancar dan tidak terjadi banjir, dan tempat irigasi bisa dimanfaatkan warga untuk pemancingan atau eduwisata air lainya," ujarnya.

Reporter : Fauzi
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Pondok Modern Darussalam Gontor II Terbakar
Berita Selanjutnya BPPP Medan Selenggarakan Pelatihan Teknis Diversifikasi Bagi pengolah ikan di DKP Aceh Utara

Komentar Anda