Portal Indonesia
Habibie

Pankab Telah Selesaikan 12 Aduan Pilkades Mubar, Husein Tali: Kelanjutannya Tergantung BPD

berita terkini
Ketua Pankab Pilkades Mubar, Husein Tali.
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, MUNA BARAT - Panitia Kabupaten (Pankab) Pilkades Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) menegaskan aduan calon kepala desa yang ada di dua belas desa telah diselesaikan.

Menurut Ketua Pankab Pilkades Mubar, Husein Tali Pankab melahirkan keputusan dalam bentuk rekomendasi yang ditujukan kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) pada 12 desa yang bermasalah tersebut. 

"Langkah yang dilakukan oleh BPD ialah menindaklanjuti rekomendasi itu. BPD kemudian mengusulkan apakah calon itu sudah layak diberikan surat keputusan (SK) atau bagaimana," jelas Husein Tali saat ditemui di Kantor Pemda Mubar, Senin  (20/01/20). 

Kata Sekertaris Daerah (Sekda) Mubar ini penyelesaian masalah Pilkades ini tidak berakhir pada Pankab. Pankab menyelesaikan sebatas kewenangannya dan hasilnya diberikan kepada BPD.

"Kan aduannya itu masuk di BPD, lalu oleh BPD diteruskan kepada panitia kabupaten. Kemudian Pankab memberikan jawaban. Hasilnya dikirim ke BPD dan kepada yang bersangkutan. Lalu BPD yang memutuskan untuk mau diusulkan di SK-kan atau mau cara lain," bebernya. 

Husein Tali mengatakan Pankab tidak memiliki kewenangan untuk memutuskan  tuntutan yang disampaikan oleh 12 calon kepala desa ini. Alasannya, dalam tuntutan yang diajukan bukan perselisihan hasil perhitungan suara.

"Pada prinsipnya tuntutan yang ada bukan kewenangan Pankab. Yang mereka tuntut kan soal daftar pemilih tetap (DPT) dan mengenai penggelembungan suara," terangnya. 

Untuk diketahui pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Mubar diselenggarakan pada Minggu, 15 Desember 2019 silam.  

Pasca Pilkades serentak calon yang merasa dirugikan dalam proses pemilihan melayangkan protes dalam bentuk menyampaikan pengaduan hingga sampai di meja panitia kabupaten.

Reporter : La Ode Biku
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Kick Off Turnamen Satria ke-14 Ditandai Tendangan Bola Pertama Kapolsek Kuta Makmur
Berita Selanjutnya BPBD Situbondo Serahkan Bantuan Tandon Air Kepada Pemdes Selomukti

Komentar Anda