Portal Indonesia
Habibie

Tim dan Saksi Salah Satu Calon Kades Laporkan Dugaan Kecurangan Pilkades Banyuglugur

berita terkini
Ketua LSM Perjuangan (tengah) bersama masyarakat Desa Banyuglugur saat menggugat di Kantor Pengadilan Negeri Situbondo
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, SITUBONDO - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Banyuglugur, Kecamatan Banyuglugur, Kabupaten Situbondo, yang dilaksanakan serentak bersama sejumlah desa lainnya pada 23 Oktober 2019 sudah selesai dilaksanakan. Namun proses Pilkades di desa tersebut masih meninggalkan persoalan karena terindikasi kuat telah terjadi kecurangan. 

Dalam proses pemilihan diduga adanya warga yang sengaja disuruh untuk mencoblos lebih dari satu kali dan memberikan dukungan pada salah satu calon Kepala Desa. Alhasil tim sukses dan juga saksi nomer urut 5 Sumarno, melaporkan serta menggugat adanya dugaan kecurangan yang dilakukan oleh panitia pilkades dan calon kades terpilih atas nama Suratman dengan nomer urut 1 ke Pengadilan Negeri Situbondo. 

"Saya sebagai ketua tim sukses beserta para saksi nomer urut 5, sudah menemukan data kecurangan dan itu sudah kita laporkan pada DPMD Kbupaten Situbondo serta kita menggugat Kades terpilih Suratman ke Pengadilan Negeri Situbondo", ungkap H. M. Anwar Syadad selaku ketua tim sukses calon nomer urut 5 Sunarmo saat ditemui Portalindonesia.net di kantor Pengadilan Negeri Situbondo. Kamis (26/12/19).

Dikatakannya, berdasarkan data DPT kecurangan yang dugaan melakukan pencoblosan lebih dari satu kali Hal tersebut terlihat dari berita acara daftar pemilih terdapat tanda tangan lebih dari satu kali dari masyarakat yang memiliki hak pilih.

"Selain adanya kecurangan pencoblosan ganda ternyata dugaan penggelembungan suara juga terjadi yang dilakukan oleh pihak panitia dan lembaga desa. Ini jelas sangat merugikan dan sudah kita laporkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua LSM Perjuangan Hartadi saat mengawal kasus ini mengatakan, Pemkab Situbondo agar menunda pelantikan calon kepada desa nomor urut 1 Suratman yang di tetapkan sebai pemenang oleh panitia Pilkades. 

"Kami menilai, pelaksanaan pilkades di Desa Banyugkugur Kecamatan Banyugkugur, tidak beres, dan oleh karena itu, pemkab dalam hal ini Bupati Situbondo harus menunda pelantikan kades terpilih", katanya.

Reporter : Arief Yuda Pranata
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Lagi, Resedivis Spesialis Curat di Lampung Utara Dibekuk Polisi
Berita Selanjutnya BPBD Situbondo Bentuk Desa Selomukti Sebagai Desa Tangguh Bencana

Komentar Anda