Portal Indonesia
Habibie

Empat Sekolah di Probolinggo Raih Penghargaan Program Adiwiyata 2019

berita terkini
Kepala sekolah dari Kabupaten Probolinggo yang mendapatkan penghargaan dalam program Adiwiyata tahun 2019. 
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, PROBOLINGGO - Prestasi membanggakan dipersembahkan oleh 4 sekolah di Kabupaten Probolinggo dalam program Adiwiyata tahun 2019. 

Peraih penghargaan di raih oleh SMPN 1 Dringu yakni meraih Adiwiyata Mandiri, sedangkan Adiwiyata Nasional 2019 diraih oleh SDN Temenggungan, SMPN 1 Leces dan SMPN 1 Maron. 

Dari empat sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Nasional tersebut langaung mendapatkan undangan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya, di Auditorium, Dr. Ir Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti, Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, Jakarta Pusat, Jumat (13/12/2019) siang. 

Kepala sekolah yang mendapatkan penghargaan tersebut langsung didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari dan Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo, Dewi Korina.

Saat acara di Gedung Manggala Wanabakti, Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, Jakarta Pusat, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Siti Nurbaya menyampaikan pada tahun ini, KLHK RI menetapkan sebanyak 333 sekolah Adiwiyata Nasional dan 101 sekolah Adiwiyata Mandiri se-Indonesia,

"Adiwiyata merupakan upaya membangun program atau wadah yang baik dan ideal untuk mendapat ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup untuk cita-cita pembangunan berkelanjutan," tegasnya 

"Sekolah Adiwiyata telah memberikan kontribusi dan solusi berupa pengurangan timbunan sampah sampai pengelolaan sampah dengan 3R. Yakni, Reduce, Reuse dan Recycle,” tutupnya. 

Sementara itu, Kepala DLH Kabupaten Probolinggo, Ahmad Hasyim Ashari menyampaikan rasa bangga atas prestasi yang diraih oleh 4 sekolah dalam program Adiwiyata Nasional 2019. 

"Saya berharap sekolah yang sudah mendapatkan penghargaan tersebut mampu memotivasi sekolah-sekolah lain yang ada di Kabupaten Pronolinggo," tuturnya. 

Menurutnya, dengan diperolehnya penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Kabupaten Probolinggo telah menambah prestasi. "Mudah-mudahan ke depan lebih banyak lagi sekolah yang mendapat penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Nasional," ucapnya.

Sedangkan Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo, Dewi Korina mengaku sangat bersyukur pada tahun 2019 ini tiga sekolah meraih penghargaan Adiwiyata Nasional dan 1 (satu) sekolah SMPN 1 Dringu meraih Adiwiyata Mandiri. 

"Ini merupakan langkah yang tepat untuk dijadikan contoh dan motivasi bagi sekolah lain yang ada di Kabupaten Probolinggo," pungkasnya. (*)

Reporter : A. Hadari Asyari
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Jelang Peringatan Hari Juang TNI AD dan Hari Jadinya Ke-3 Tahun, Kodam XVIII/Kasuari Gelar Doa Bersama
Berita Selanjutnya BPBD Situbondo Serahkan Bantuan Tandon Air Kepada Pemdes Selomukti

Komentar Anda