Portal Indonesia
Habibie

Kepala Puskesmas Panji dan Tim Kunjungi Balita Gangguan Tumbang 

berita terkini
Kepala Puskesmas Panji dan tim saat mengunjungi Adelia Putri di RT 03 RW 01 Dusun Krajan, Desa Tokelan. 
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, SITUBONDO - Dalam upaya memberikan pelayanan bidang kesehatan kepada masyarakat, petugas Puskesmas Panji seakan tak kenal lelah dan waktu. Tadi pagi, Kepala Puskesmas Panji, Bagus Sulsksono bersama tim mendatangi Desa Tokelan, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo, Jumat (06/12/2019). 

Kedatangan pihak Puskesmas Panji ini untuk mengunjungi sekaligus memberikan penanganan dan perhatian terhadap dua balita dan seorang anak berusia 7 tahun yang mengalami masalah Pertumbuhan dan Perkembangan (Tumbang). 

Diketahui, dua balita dan seorang anak berusia 7 tahun itu menderita penyakit mikrosefalus dan kurang gizi. Ketiganya tergolong mengalami masalah Tumbang. 

Mereka adalah Wisnu (9 bulan) putra dari Misnati, warga RT 03 RW 02 Dusun Barat, Fadian Inayah (6 bulan) putri dari Arikahidayati, warga RT 03 RW 03 Dusun Tengah, dan Adelia Putri (7 tahun) putri dari ibu Wijayanti (Evi) warga RT 03 RW 01 Dusun Krajan. 

Dalam melakukan kunjungan sekaligus memberikan penanganan dan perhatian ini, Kepala Puskesmas Panji bersama tim (Bidan Sri Endah, Sugiharti, Hj Hasmi Dwi Novita, Karna Dwi Atmaja) juga memberikan bantuan paket sembako berupa biskuit 1 dus, minyak goreng 1 liter, beras 5 kg, susu bubuk dua dus, dan zink sirup 1 botol.  

Ibu dari Adelia Putri, Evi mengatakan, bahwa anaknya yang saat ini berusia 7 tahun, gejala penyakitnya diketahui sejak anaknya berusia 3 bulan. "Anak saya panas dan kejang kejang hingga step. Saya sudah membawanya ke dokter spesialis agar sembuh tumbuh normal seperti yang lainnya. Namun anak saya tak kunjung sembuh," ungkap Evi. 

(Kepala Puskesmas Panji dan tim saat mengunjungi balita, Fadian Inayah, di RT 03 RW 03 Dusun Tengah, Desa Tokelan)

Hal senada disampaikan Arikahidayati ibu dari Fadian Inayah. "Berbagai upaya sudah dilakukan demi kesembuhan buah hati saya ini. Saya ucapkan terima kasih kepada pihak Puskesmas Panji terutama bapak kepala puskesmas yang sudah mendatangi dan melihat kondisi anak saya," ucap Arikahidayanti dengan berlinang air mata. 

(Kepala Puskesmas Panji dan tim saat mengunjungi balita, Wisnu, di RT 03 RW 02 Dusun Barat, Desa Tokelan)

Sementara itu, Kepala Puskesmas Panji Bagus Sulaksono memberikan pemaparan dan motivasi kepada ibu ibu yang anaknya tidak normal dalam pertumbuhan dan perkembangannya.

Dengan harapan balita dan anak itu dapat tumbuh dan berkembang normal kembali, Bagus menghimbau kepada ibu ibu tersebut untuk ikut program Terapi Accupresure khusus bayi yang dilaksanakan satu minggu dua kali (Selasa dan Sabtu) oleh tenaga khusus yang telah dilatih. 

"Kepada para bidan dan koordinator masing masing wilayah, juga diharap untuk selalu mengontrol perkembangan bayi yang mengalami microchepalus dan gangguan perkembangan. Dengan turun ke lapangan untuk memberikan penanganan secara dini ini, semoga bisa mengatasi gangguan perkembangan balita sehingga dapat tercipta generasi muda unggul untuk kemajuan bangsa ini," harapnya. 

Reporter : Abdul Azis
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Sidang Kasus Ijazah Palsu di PN Probolinggo, Terdakwa Tolak Ajukan Eksepsi
Berita Selanjutnya 21 Perguruan Resmi Daftar Pada Open Turnamen Karate KKI Lhokseumawe CUP I

Komentar Anda