Portal Indonesia
Habibie

Rencana Pendirian Pabrik Limbah Berbahaya di Windunegara Ditolak Warga

berita terkini
Sosialisasi & konsultasi publik terkait rencana kegiatan, pengelolaan, penyimpanan limbah B3 dan non B3 di Balai Desa Windunegara, Selasa (4/12)
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, BANYUMAS - Rencana pembangunan pabrik pengolahan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) di Desa Windunegara, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas menuai protes dari warga setempat. Warga khawatir, berdirinya pabrik limbah B3 tersebut akan berdampak buruk bagi mereka.

Reaksi penolakan dan gelombang protes dari warga mencuat saat dilakukan sosialisasi di balai desa Windunegara, Selasa (4/12). Anehnya, dalam surat undangan dari Pemdes Windunegara berbunyi 'Konsultasi publik dalam rangka penyusunan AMDAL rencana kegiatan pengangkutan, pengumpulan, pengolahan limbah B3 dan limbah non B3 dan penyimpanan sementara LB3 PT. Harya Dewa.

Namun di spanduk kegiatan sosialisasi sedikit berubah menjadi 'Konsultasi publik rencana kegiatan pengelolaan limbah non B3 dan lmbah B3 medis (kegiatan pengangkutan, pengumpulan, pengelolaan dan penyimpanan limbah B3 dan non B3 PT. Harya Dewa.

Perwakilan warga yang diundang oleh Pemdes setempat di balai desa kemudian melakukan dialog. Warga tetap cemas akan kesehatan apabila pabrik limbaj berbahaya dan beracun tersebut dibangun.

Sejumlah warga yang dihubungi Portal Indonesia, Rabu (5/12) terkait rencana pendirian pabrik B3 kebanyakan mengaku keberatan dengan hal tersebut. "Ya mungkin segi positifnya adanya lapangan kerja. Namun kami tetap cemas dari segi kesehatan," ujar sejumlah warga yang enggan disebut namanya.

Sementara itu Kepala Desa Windunegara Teguh Imam Safingi yang dikonfirmasi terkait penolakan dari warga, dengan singkat mengatakan bahwa pihaknya hanya memfasilitasi acara sosialisasi pada Selasa kemarin.

 

Reporter : Tris
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Izul Kholid Ungguli Kandidat Lainnya di Pilkades PAW Desa Sumberejo Banyuputih 
Berita Selanjutnya 700 Personel Satuan BKO Koramil Persiapan Mulai Diberikan Pembekalan

Komentar Anda