Portal Indonesia
Habibie

SDN 1 Gintungan Siap Ikuti Lomba Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Jateng

berita terkini
Saat melaksanakan melukis di dinding sekolah
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, PURWOREJO  - Sejumlah guru SDN 1 Gitungan Kecamatan Gebang, Purworejo Jawa Tengah, berkolaborasi bersama sejumlah seniman lukis yang tergabung dalam Komunitas Republik Sepur, menggelar kegiatan melukis mural bersama didinding sekolah, pada kamis (28/11/2019). Selain memperindah lingkungan sekolah, melukis mural itu sebagai salah satu bentuk kesiapan SDN 1 Gintungan untuk mengikuti Lomba Adiwiyata tingkat Propinsi Jawa Tengah tahun 2020. 

Lomba Sekolah Adiwiyata merupakan kompetisi yang digelar oleh Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Agar bisa lolos dalam seleksi di tingkat Provinsi, SDN 1 Gintungan yang berdiri ditepi jalan raya Purworejo-Gebang itu melakukan berbagai persiapan dengan melakukan pembenahan ikon sekolah dan lainnya.

"SDN 1 Gintungan, rencana akan mengikuti lomba Sekolah Adiwiyata tingkat Propinsi Jawa Tengah, besok pada awal bulan Januari 2020, namun waktunya masih menunggu informasi lanjut dari Propinsi," ungkap guru SDN 1 Gintungan, Siti Sri Lestari bersama Tamala  saat ditemui portal indonesia net disela kegiatan melukis mural.

Dikatakan, tak hanya dengan cara melukis mural bersama sejumlah seniman lukis Purworejo, untuk memperindah sekolah dan memujudkan mimpi sekolah menjadi pemenang lomba Sekolah Adiwiyata, pihaknya juga masih akan menggelar lomba mewarnai, melukis, dan melukis mural dinding untuk pelajar di Purworejo pada 14 Desember 2019 mendatang.

"SDN 1 Gintungan telah melaunching Branding Sekolah dengan nama SD Pelangi. Yaitu sekolah yang memiliki makna arti presntasi, empati, lembut, anti diskriminasi, nasionalis, gotong royong, dan integritas. SD berupaya sedemikian rupa sehingga nanti peserta didik bisa lebih berprestasi untuk segala bidang, baik bidang akademik maupun non akademik dan memiliki budi pekerti yang luhur, memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi dengan adanya aneka ragam budaya yang ada di Indonesia. Sehingga peserta didik bisa mencintai budaya yang ada didaerah seperti tari ndolalak dan kuda lumping seperti yang digambar dalam lukisan mural ini," jelasnya.

Kesuksesan SDN 1 Gintungan untuk membentuk sekolah adiwiyata bukan saja berhenti di kegiatan itu. SDN 1 Gintungan sejak tahun 2017 lalu telah berhasil lolos seksi Lomba Sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten, yaitu dengan membuat lingkungan sekolah menjadi asri, hijau, bersih dan rapi.

"Kita telah mengadakan lomba membuat taman hijau antar kelas dan lomba menari dolalak, tak hanya melibatkan siswa, namun kiprah wali siswa juga turut membantu mewujudkan sekolah ini menjadi sekolah Adiwiyata," katanya. 

Pihaknya berharap, dengan adanya Branding SD Pelangi, SDN 1 Gintungan bisa semakin dikenal di masyarakat, utamanya di wilayah Kecamatan Gebang dan Purworejo sebagai sekolah yang maju dengan mutu dan kwalitas yang baik, sehingga banyak anak yang melanjutkan sekolah di SD itu.

"Harapanya SDN 1 Gontungan bisa mendaptkan peringkat di tingkat Propinsi," harapnya.

Sementara itu, Ketua Komunitas Republik Sepur, Sigit Suntoro, mengatakan, untuk membantu mewujudkan SDN 1 Gintungan menjadi sekolah adiwiyata, dirinya mengajak sejumlah seniman lukis untuk memperindah lingkungan sekolah dengan lukisan mural.

"Kami juga telah ikut membina siswa SD dalam kegiatan ektra melukis dan mewarnai, yaitu sekali pertemuan pada hari Kamis dalam setiap minggunya," pungkasnya.

Reporter : Fauzi
Editor : -
444
Berita Sebelumnya Bupati Purworejo Kunjungi 8 Desa, Ada Warga Miskin Belum Tersentuh Bantuan  
Berita Selanjutnya Penghasilan Tetap Perangkat Desa Naik Menjadi Rp 2 juta Lebih

Komentar Anda