Portal Indonesia
Habibie

DKP Aceh Utara Gelar Pelatihan Pengolahan Hasil Perikanan

berita terkini
Suasana Pelatihan di Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Aceh Utara
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, ACEH UTARA - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Aceh Utara menggelar Pelatihan Pengolahan Hasil Perikanan kepada kelompok masyarakat kelautan dan Perikanan di Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Utara, Kamis (07/11/2019)

Ketua panitia kegiatan, Ir. Mukhlis mengatakan, kegiatan pelatihan tersebut digelar dengan tujuan untuk meningkatkan SDM perempuan pengelohan dalam hal pengetahuan mengolah hasil perikanan sehingga dapat meningkatkan pendapatan keluarga dan memperkuat program KKP dalam rangka mendukung program nasional penanganan stunting dan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).   

"Dengan pelatihan yang diselenggarakan diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan perempuan pengolahan dalam mengolah hasil laut yang ada di Kabupaten Aceh Utara. Untuk peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut berjumlah 52 orang yang berasal dari Kecamatan Muara batu, Dewantara, Syamtalira Bayu, Samudera, dan penyuluh perikanan Kabupaten Aceh Utara”, katanya.

Masih ditempat pelatihan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Ir. Jafar Ibrahim, mengatakan pelatihan sangat diperlukan bagi perempuan pengelohan di Kabupaten Aceh Utara, khususnya untuk memberikan pengetahuan umum tentang nilai gizi ikan, manfaat ikan dan nilai tambah dari produk olahan ikan

“Pelatihan ini dipandu oleh instruktur yang sudah berkompeten dalam melakukan proses pengolahan ikan, sehingga dapat memberikan pelajaran teknik pembuatan abon ikan tongkol dan dendeng bandeng,” kata Jafar. 

Dikatakannya, pemberdayaan masyarakat secara mental ini, dalam rangka meningkatkan kemampuan, dan persoalan daerah pesisir agar ditekankan kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui perluasan kesempatan kerja dan kesempatan berusaha.

“Selain itu, peningkatan kemampuan dan peran serta perempuan pengelohan atau pesisir dalam pelestarian lingkungan serta peningkatan pendidikan, pelatihan, riset dan pengembangan di wilayah pesisir dan laut,” imbuhnya.

Jafar berharap pelatihan tersebut dapat memberikan nilai tambah dan pengetahuan bagi perempuan pengelohan untuk meningkatkan pendapatannya.

“Apalagi bila produk tersebut bisa dikemas dengan sebaik mungkin, maka dapat dipasarkan di toko-toko atau swalayan yang ada di Kabupaten Aceh Utara dan kota Lhokseumawe", tutupnya.  

Reporter : Azhari
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Kirimkan Air Bersih, Bukti Demokrat Peduli Warga Ponorogo
Berita Selanjutnya Sidang Kasus Ijazah Palsu di PN Probolinggo, Terdakwa Tolak Ajukan Eksepsi

Komentar Anda