Portal Indonesia
Habibie

Dinas Pertanian Mubar Sebut Pemdes Cuek dengan Aturan Jual Beli Ternak 

berita terkini
Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Mubar, N. Jono 
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, MUNA BARAT - Dinas Pertanian dan Pangan Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara mengaku kerap menyampaikan kepada semua pemerintah desa (Pemdes) agar sebelum ada transaksi dilakukan, ternak yang akan dibeli atau dijual terlebih dulu dicek kesehatannya.

Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Mubar, N. Jono, aturan dalam jual beli ternak seperti itu tujuannya adalah untuk memastikan apakah ternak tersebut sehat atau sakit.

"Untuk pembelian dan penjualan  ternak ini kita sudah sering menginformasikan kepada Pemdes supaya mematuhi aturan yang ada. Sesuai aturan kan sebelum terjadi transaksi harus ada dulu rekomendasi dari lembaga kami. Kami punya tim dokter yang akan memeriksa. Setelah dinyatakan sehat maka keluarlah Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH). Kalau itu sudah ada baru dilanjutkan transaksi jual beli," terang Jono saat ditemui portalindonesia.net, di kantornya, Senin (07/10/19).

Jono mengatakan terlebih lagi pembelian ternak itu menggunakan dana desa (DD). Tiba-tiba ternak itu sakit lalu mati. 

"Uang yang dibelanjakan itu ialah uang negara, terus pertanggungjawabannya bagaimana? Makanya ihwal jual beli ternak ini desa harus menaati aturan. Aturan ini kan diberlakukan untuk kemaslahatan masyarakat. Tapi anehnya hingga detik ini tak ada satupun desa mengikuti (cuek) prosedur tersebut. Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sultra sudah mengingatkan agar pengadaan ternak dengan memakai DD harus melalui prosedur yang ditetapkan," tandasnya.

Salah satu tim dokter hewan Dinas Pertanian dan Pangan Mubar, drh. Muhini menuturkan ternak yang hendak masuk dan keluar Mubar harus dipastikan sehat.

"Jual beli ternak dalam lingkup wilayah Mubar sekalipun, memastikan ternak sehat sebelum dijual merupakan hal yang penting. Jangan sampai ternak itu sakit. Dan jenis penyakitnya menular. Itu akan mengancam keselamatan ternak disekitarnya," imbuhnya.

Reporter : La Ode Biku
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Pamit Nyari Ikan di Sungai, Darto Ditemukan Meninggal
Berita Selanjutnya Polres Ponorogo Panen Tersangka Berbagai Kasus

Komentar Anda