Portal Indonesia
Habibie

Pemprov Banten Bangun Akses Menuju Wisata Negeri di Atas Awan 

berita terkini
Gubernur Banten Wahidin Halim di lokasi wisata
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, BANTEN - Akses jalan menuju obyek wisata 'Negeri di Atas Awan' yang terletak di kawasan Gunung Luhur Citorek Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak dibangun oleh Pememerintah Provinsi Banten. 

Pembangunan ruas jalan ini sebagai implementasi atas komitmen Gubernur Banten Wahidin Halim dan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy yang tertuang dalam visi misi dan RPJMD terkait peningkatan kualitas infrastruktur jalan. Kondisi sebelumnya, ruas jalan Cipanas-Warung Banten merupakan jalan berbatu yang merupakan salah satu ruas jalan di jalur tengah yang menghubungkan wilayah utara dan selatan Provinsi Banten ini menjadi penghubung Provinsi Banten, Jawa Barat, dan DKI Jakarta. 

Jalan ini tidak hanya membuka akses jalan masyarakat antar kabupaten/kota dan provinsi. Jalur ini juga dijadikan sebagai akses menuju kawasan Wisata Negeri di Atas Awan yang berada di Kecamatan Citorek, Kabupaten Lebak yang kini tengah digandrungi masyarakat sebagai destinasi wisata alam.

Untuk menikmati 'Negeri di Atas Awan' di Gunung Luhur Kampung Ciusul Desa Citorek Kidul Kecamatan Cibeber itu, dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat atau motor matic.  Aspal dan beton jalur ini dalam kondisi bagus. Meski naik turun perbukitan, waktu tempuh dari Rangkasbitung bisa ditempuh 2 jam perjalanan. 

Dari Rangkasbitung, perjalanan menuju arah Cipanas. Dari Cipanas selanjutnya ambil kanan ke arah Lebak Gedong, Sobang hingga melewati Gerbang Weweungkon Adat Citorek. Selanjutnya ke perkampungan Ciusul sepanjang 5 km. Dari Ciusul mendaki menuju Gunung Luhur sepanjang  1 km.

Naik kendaraan umum, bisa naik elf dari Terminal Mandala Rangkasbitung jurusan Citorek turun di Ciusul. Dari sini bisa naik ojek warga setempat. Bisa juga mencari penginapan (homestay) di rumah warga. Bisa juga memasang tenda di lahan yang telah disediakan. 

Bagi warga Jabodetabek yang ingin melihat wisata Negeri di Atas Awan, bisa menggunakan KRL dari stasiun Tanah Abang menuju stasiun Rangkasbitung. Untuk menuju lokasi wisata, dari stasiun Rangkasbitung naik kendaraan umum atau naik kendaraan pribadi dari Jakarta menuju kota Rangkasbitung.  

Sepanjang mata memandang di lokasi wisata Negeri di Atas Awan ini, pengunjung akan dinanja dengan pemandangan awan putih bagai hamparan kapas. Untuk bisa melihat penomena alam ini akan muncul sekitar jam empat dinihari hingga jam 10 pagi. 

Gubernur Banten Wahidin Halim menjelaskan pada wartawan tentang keindahan wisata yang sangat indah tersebut. 

"Pemprov Banten sudah membangun jalan cor menuju lokasi ini sepanjang kurang lebih enam belas kilo meter untuk memudahkan wisatawan ke lokasi di Banten yang sangat memukau ini," kata Gubernur Banten. 

Bagi wisatawan yang berkunjung ke wisata Negeri di Atas Awan ini, juga bisa mengunjungi kawasan wisata budaya Suku Baduy, karena akses tempat wisata Negeri di Atas Awan tersebut tidak jauh dari kawasan wisata Suku Baduy yang sangat fenomenal.

Reporter : Elang Aminudin
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Hari Jadi Besuki 2019 Tetap Meriah, Gus Iik: Tanpa APBD
Berita Selanjutnya Polres Ponorogo Panen Tersangka Berbagai Kasus

Komentar Anda