Portal Indonesia
Habibie

Terpilih Menjadi Anggota DPRD Ponorogo, Sembilan Kades Diminta Komitmen Perjuangkan Masyarakat Desa

berita terkini
Ketua PPDI Ponorogo Kasmani, Ketua PKPD Ponorogo Riyanto, Ketua Sementara DPRD Ponorogo Sunarto dan Ketua PAPDESI Ponorogo Barno. (Foto : Muh Nurcholis)
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, PONOROGO - Terpilihnya beberapa Kepala Desa di Bumi Reyog menjadi legislator DPRD Kabupaten Ponorogo 2019-2024 menjadi harapan tersendiri bagi pemerintah desa. Hal itu mungkin para Kades dianggap mengetahui apa kebutuhan masyarakat bawah yang diinginkan. 

Tercatat sebanyak 9 orang mantan Kades yang terpilih menduduki kursi etan alon-alon (sebutan gedung DPRD Ponorogo).  Kesembilan orang itu antara lain Pamuji (Kades Bancar, Kecamatan Bungkal) dari Partai NasDem.

Disusul oleh Fikso Rubianto (Kades Sempu, Kecamatan Ngebel) dari PKB. Sumarno (Kades Karangan,  Kecamatan Badegan) dari Partai NasDem. Mahfut Arifin  (Kades Bulak,  Kecamatan Balong) dari PKB. Kateni (Kades Jambon, Kecamatan Jambon) dari Partai Golkar. 

Terpilih juga Sugijanto (Kades Pohijo,  Kecamatan Sampung) dari Partai Demokrat. Muryanto (Kades Tegalombo, Kecamatan Kauman) dari Partai Hanura. Anik Suharto (Kades Pulung,  Kecamatan Pulung) dari Partai Gerindra serta Mulyono (Kades Bekare,  Kecamatan Bungkal) dari Partai Gerindra.

Menurut Ketua Paguyuban Kepala Desa dan Perangkat Desa (PKPD) Ponorogo, Riyanto yang menilai para Kades terpilih sudah sangat memahami apa yang dibutuhkan masyarakat dan perangkat desa. "Kami minta para wakil yang terpilih terutama dari mantan Kades bisa sebagai jembatan apa yang dibutuhkn warga di desa mas," terang Riyanto yang juga Kades Glinggang, Kecamatan Sampung, Sabtu (7/9/2019).

Lantas dia memberi contoh regulasi yang mengatur kebersihan lingkungan terkait pembuangan sampah di sembarang tempat, penataan lingkungan yang indah, larangan perburuan. "Agar ada turunan Perdes sehingga menjadi perhatian betul dan mendapat skala prioritas," jelasnya.

Terpisah,  Ketua Persatuan Perangkat Desa (PKPD) Kabupaten Ponorogo, Kasmani berharap wakil rakyat rajin turun Dapil dan menyerap aspirasi untuk diperjuangkan. "Semoga anggota DPRD Ponorogo yang latar belakangnya dari Kades semakin matang  menyerap aspirasi masyarakat di dapilnya dan amanah karena beliau sudah terbiasa menata dan mengatur dari berbagai latar belakang di desanya dan bukan masalah baru dalam bermasyarakat," pesan Kasmani yang juga Kamituwo Gupolo, Desa Gupolo, Kecamatan Babadan ini. 

Ditemui terpisah Barno selaku Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) Kabupaten Ponorogo mengucapkan selamat kepada para Kades yang terpilih sebagai anggota DPRD Ponorogo. "Kami selaku pengurus PAPDESI Ponorogo mengucapkan selamat kepada semua teman yang terpilih menjadi DPRD Ponorogo dan alhamdulillah sudah dilantik semoga Amanah," ucap Barno.

Selain itu dia berharap dengan banyaknya temen temen eks Kades yang masuk jajaran DPRD bisa sebagai tauladan dimana beliau sudah meraskan pahit getirnya ngurusi rakyat. "Sehingga baik dalam pembahasan regulasi-regulasi atau Perda atau kebijakan penganggaran sudah seharusnya pro dengan kepentingan rakyat. Sehingga rakyat bisa merasakannya," pintanya. 

Bahkan PAPDESI Ponorogo siap mengawal serta memberikan sumbang sih baik tenaga atau pikiran, ide maupun gagasan. "Untuk pengembangan serta kemajuan Kabupaten Ponorogo ke depan," beber Barno yang juga Kades Bringinan,  Kecamatan Jambon ini. 

Sedangkan Ketua Sementara DPRD Ponorogo berjanji akan bekerja maksimal dan meningkatkan kinerja yang lebih baik. "Demi masyarakat Kabupaten Ponorogo kami para anggota DPRD Ponorogo akan berkomitmen memperjuangkan aspirasi masyarakat," tandas Sunarto.  

Reporter : Muh Nurcholis
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Seorang Pria Mabuk Bawa Celurit di Probolinggo Diringkus Polisi
Berita Selanjutnya Dinilai Lalai, Tiga Kali Hiu Tutul Masuk ke Kanal PLTU Paiton

Komentar Anda