Portal Indonesia
Habibie

Merasa Dirugikan Perusahaan, Mantan Buruh Melapor Ke Polres Purbalingga

berita terkini
Mantan Buruh sedang Melapor di Polres Purbalingga
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, PURBALINGGA - Setelah sebelumnya pada 8 Agustus lalu sejumlah buruh menggelar aksi dan menyampaikan aspirasi ke Bupati Purbalingga, kini sebanyak lima orang mantan buruh mengadukan tiga perusahaan rambut palsu terkait persaoalan ketenagakerjaan ke Polres Purbalingga Rabu (4/9) malam kemarin.

Kapolres Purbalingga AKBP Kholilul Rochman melalui Kasat Reskrim AKP Willy Budiyanto yang dihubungi Kamis (5/9) malam, membenarkan adanya laporan sejumlah mantan karyawan itu ke Mapolres.

Dijelaskan, lima mantan buruh yang secara resmi melapor, yakni Imam Nanda Saputra (23) warga Desa Meri RT 08 RW 03, Kecamatan Kutasari, Puji Rustiawan (38) warga Desa Dawuhan RT 02 RW 02, Kecamatan Padamara, Nasruloh (23) warga Kalitinggar RT 02 RW 02, Kecamatan Padamara, Isna Nur Azizah (31) waraga Karangduren RT 03 RW 06,Kecamatan Bobotsari dan Sriyatun (41) warga Desa Lamongan RT 04 RW 01, Kecamatan Kaligondang.

Tiga perusahaan yang dilaporkan adalah PT Hyupsung Internasional Indonesia, PT Shinhan Creatindo dan PT Bintang Mas Triyasa, yang semuanya berada di Purbalingga. 

"Mereka melapor terkait gaji yang tidak sesuai UMK, lembur yang tidak sesuai dengan ketentuan undang-undang dan adanya buruh yang dirumahkan selama tujun bulan tanpa menerima gaji," terang AKP Willy Budiyanto 

Sementara itu LSM IJI yang mendampingi para buruh dan mantan buruh di Purbalingga, juga tengah melaporkan sejumlah perusahaan yang belum membayar karyawan sesuai UMK, melaporkan dugaan pemaksaan over time yang dilakukan perusahaan serta melaporkan PT Chunil yang diduga telah menggelapkan uang cuti hamil karyawannya pada tahun 2016 lalu.

"Kami akan terus mendampingi buruh dan mantan buruh untuk bisa mendapatkan hak-haknya, sambil menunggu surat edaran dari Bupati Purbalingga tentang penegasan terhadap semua perusahaan agar mentaati Undang-undang Nomor 13 tahun 2003," kata Ketua LSM IJI, Surasno saat dihubungi PortalIndonesia. 

Reporter : Trisno
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Mesin Trouble, Penambang Pasir Tenggelam Terseret Arus Sungai Serayu
Berita Selanjutnya Dinilai Lalai, Tiga Kali Hiu Tutul Masuk ke Kanal PLTU Paiton

Komentar Anda