Portal Indonesia
Habibie

Cegah Tower PLN Roboh, TRC Satpol PP Tutup Tambang Batu Cadas di Curah Tulis

berita terkini
Sutet (tower) PLN di Desa Curah Tulis, Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo.
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, PROBOLINGGO - Tim Reaksi Cepat (TRC) Satpol PP Kraksaan, menutup tambang manual yang mendekati Sutet PLN di Desa Curah Tulis, Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo, Kamis (5/9/2019).

Penutupan tambang penggalian batu cadas sekitar pukul 11.00 WIB itu dilakukan setelah menerima pengaduan dari pemilik lahan dan pihak PLN terkait aktivitas penggalian tanah sekitar sutet 500.000 volt Paiton - Kediri , T. 159 - T. 160. Sehingga TRC Satpol PP Kabupaten Probolinggo langsung menuju lokasi dengan 11 personil tim eksekusi.

"Alhamdulillah pemilik lahan tersebut tidak melawan petugas, ia menyadari jika digali terus lahan yang mendekati sutet dampaknya luar biasa," ungkap Koordinator TRC Satpol PP Kabupaten Probolinggo, Nurul Arifin. 

(Foto petugas TRC Satpol PP Probolinggo saat melakukan penutupan tambang batu cadas di Desa Curah Tulis, Kecamatan Tongas)

Menurut Nurul Arifin, dasar penutupan yang digunakan untuk menutup penggalian tambang lahan batu cadas tersebut mengacu pada UU nomor 30 tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan.

"Dalam UU itu disebutkan, bahwa instalasi jaringan PLN harus dijauhkan dari segala potensi yang dapat mengganggu penyaluran tenaga listrik," tegasnya.

Dikatakannya, sutet tersebut merupakan penyalur tenaga listrik, yang jangkauannya luas dari 500.000 Volt Paiton - Kediri adalah OBVITNAS dan Beckbone (tulang punggung) sistem ketenagalistrikan Jawa Bali. Dan jika terganggu akan berpotensi menyebabkan padam seluruh Hawa Bali, termasuk Ibukota Jakarta.  

"Saya menghimbau agar pemilik tahan tidak menggali tanah ke arah tower, karena dapat mengakibatkan tenaga berkurang dan akan membuat tower tersebut roboh," tandasnya.

Reporter : A. Hadari Asyari
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Diduga Keracunan, Belasan Siswa SD di Purworejo Dilarikan ke Puskesmas
Berita Selanjutnya Sebuah Rumah di Situbondo Dilalap Api, Kerugian Ditaksir Rp 500 Juta 

Komentar Anda