Portal Indonesia
Habibie

Diduga Keracunan, Belasan Siswa SD di Purworejo Dilarikan ke Puskesmas

berita terkini
Sejumlah siswa saat diperiksa di ruang UGD Puskesmas Maron Loano Purworejo. (Photo: Fauzi - Portal Indonesia)
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, PURWOREJO - Sebanyak 14 siswa SD di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, harus dilarikan ke Puskesmas Maron, akibat merasa mual dan pusing. Belasan siswa tersebut diduga keracunan setelah makan sejumlah jajanan yang dibelinya di luar sekolah setempat. Kamis (5/9/2019)

Waktu portalindonesia net menyelusuri di Puskesmas Maron Loano, dr Bayu Utami Ningtiyas mengatakan, sekitar pukul 11.00 WIB, ada sejumlah siswa siswi yang datang untuk berobat dengan keluhan mual dan muntah, disertai sakit perut.

"Sebanyak 14 siswa  yang datang berobat ke puskesmas sini," ungkap Utami, di Puskesmas Maron. 

Setelah dilakukan pemeriksaan, sambung Utami, ternyata anak anak  tidak mendapat pemeriksaan lebih lanjut atau mendapat tambahan asupan infus. "Dari cerita guru dan anak-anak, mereka mengatakan bahwa habis istirahat makan jajan", tambahnya. 

Nemun faktor hingga sejumlah siswa siswi tersebut merasakan mual, muntah dan sakit perut,  ibu guru belum bisa mengetahui penyebabnya karena jajannya banyak atau tidak hanya satu macam yang dimakan siswa siswi. 

"Yang dibawa sampel dari bapak ibu guru ada lima jenis makanan beserta bumbu-bumbunya dan belum bisa dipastikan apakah itu yang menjadi penyebab keracunan atau tidak. Ini harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dari laboratorium," jelasnya. 

Utami menambahkan, harusnya sampel yang dibawa bukan hanya sampel yang belum dimakan saja. Tapi sampel yang sudah dimakan juga seharusnya dibawa.

"Nanti dari dinas akan melakukan pemeriksaan sampel dan jika sudah ada hasil dari pemeriksaan akan dilakukan pelaporan ke pihak berwenang atau ke sekolah yang bersangkutan," tutupnya.

Reporter : Fauzi
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Satpol PP Situbondo Amankan 7 PSK, 2 Diantaranya Positif HIV
Berita Selanjutnya Dinilai Lalai, Tiga Kali Hiu Tutul Masuk ke Kanal PLTU Paiton

Komentar Anda