Portal Indonesia
Habibie

Terapkan Konsep 'Setiap Anak itu Juara' MA Nurul Yaqin Raih Banyak Prestasi

berita terkini
Foto waktu penerimaan hadiah lomba porseni tingkat Kabupaten
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, SITUBONDO – Madrasah Aliyah (MA) Nurul Yaqin adalah sekolah swasta yang berada dibawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Nurul Yaqin dan terletak di Desa Widoropayung Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. 

Dalam perjuangannya, proses perkembangan sekolah ini tidak mudah. Disamping masih swasta, sekolah ini harus bersaing secara sengit dengan sekolah sederajat lainnya yang ada di Kabupaten Situbondo. 

Namun, eksistensi dengan sejumlah program unggulan dan kegiatan baik intrakurikuler maupun ektrakurikuler dalam upayanya mencetak generasi yang berkualitas dan berakhlaqul karimah, membuat lembaga pendidikan yang berdiri sejak tahun 2002 ini berkembang pesat. 

(Siswa Madrasah Aliyah Nurul Yaqin foto bersama)

Saat ditemui diruang kerjanya, Kepala MA Nurul Yaqin, Hj. Marhama,S.Ag, mengatakan, meski masih memiliki fasilitas terbatas, namun tidak menjadi penghambat bagi peserta didiknya untuk mengukir perstasi baik di bidang akademik maupun non akademik. 

"Pada beberapa perlombaan, ada yang sangat berkesan. Terbaru, siswa atas nama Fadilatul Amalia berhasil meraih juara 1 Kompetisi Sains Madrasah (KSM) bidang Mapel Fisika terintegrasi tingkat Kabupaten Situbondo. Siswi kelas XII IPA ini selanjutnya menjadi delegasi Kabupaten Situbondo pada lomba KSM di tingkat Provinsi," ungkapnya, Senin (2/9/2019). 

Sejumlah prestasi lainnya seperti pada ajang Porseni 2019 tingkat Kabupaten, juga diukir oleh sejumlah siswa-siswi MA Nurul Yaqin. 

Dalam ajang Porseni ini, siswi atas nama Dewi Wulandari berhasil menjadi juara 1 Catur Putri sekaligus mewakili Kabupaten Situbondo dalam ajang Porseni tingkat Jawa Timur di Bangkalan Madura. 

Sementara siswa atas nama Rosi meraih juara 3 lomba Catur Putra, juara 2 lomba Desain Grafis diraih Ilham Fathoni, Ida Rohani meraih juara 3 lomba Pancak Silat Putri, serta juara 3 Lari 400 m diraih oleh Wahyu.

"Alhamdulillah dengan prestasi ini memberikan motivasi besar bagi kami para guru dan madrasah untuk makin meningkatkan pembinaan dan mutu pendidikan. Sesuai dengan konsep kami, bahwa setiap anak itu juara", beber Hj. Marhama. 

(Photo: Dewi Wulandari, peraih juara 1 lomba KSM bidang Mapel Fisika terintegrasi)

Masih di lokasi MA Nurul Yaqin, Wakamad (wakil kepala madrasah) Bidang kesiswaan, A Ridlawi, S.Sos menyampaikan bahwa di MA Nurul Yaqin memiliki program unggulan di bidang intrakurikuler seperti program dua bahasa yakni Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan program Informatika. Sedangkan untuk program ekstra kurikuler, MA Nurul yakin memiliki beberapa kegiatan seperti pencak silat, musik band dan kegiatan Pramuka. 

"Selain itu, MA Nurul Yaqin juga memfasilitasi program beasiswa berupa bidik misi bagi anak didik berprestasi. Dalam program ini kita bekerja sama dengan beberapa universitas terkemuka, dan setiap tahun setidaknya ada 10 siswa yang dikirim ke universitas tersebut," pungkasnya. 

Reporter : Deny F./Suparto
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Sah, 45 Orang Anggota DPRD Ponorogo Resmi Dilantik 
Berita Selanjutnya Dinilai Lalai, Tiga Kali Hiu Tutul Masuk ke Kanal PLTU Paiton

Komentar Anda