Portal Indonesia
Habibie

Pimred The Jakarta Post Isi Kuliah Umum di Kampus IAIN Malikussaleh

berita terkini
Pimred The Jakarta Post, Nezar Patria M.Sc, sedang memberi Kuliah umum di Aula Pascasarjana IAIN Lhokseumawe.
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, LHOKSEUMAWE - Pimpinan Redaksi (Pimred) The Jakarta Post, Nezar Patria M.Sc, mengunjungi Pascasarjana IAIN Malikussaleh Lhokseumawe, Sabtu, (31/08/19).

Dalam kunjungannya, ia mengisi Kuliah Umum dengan tema "Membangun Profesionalitas di Era Post Truth”. Acara yang diikuti oleh puluhan mahasiswa dan dosen ini, bertempat di aula pasca sarjana IAIN Lhokseumawe Lancanggaram, mulai pukul 09.30 - 13.00 WIB.

Dalam materinya, ia memaparkan tentang bagaimana cara mahasiswa untuk merubah pola pikir, cara bersikap, serta cara bertindak untuk menjadi orang-orang yang luar biasa pada saat media massa mengalami perubahan besar karena perkembangan teknologi informasi, dimana media cetak mengalami penurunan cetak karena orang cenderung mengakses media online untuk membaca dan juga memproduksi berita. Dalam kondisi ini dua hal perlu dipahami yaitu tentang Dis-informasi dan Mis-informasi.

"Dis-informasi yaitu sengaja menyebarkan berita yang kita yakini salah. Sementara Mis-informasi adalah menyampaikan atau meneruskan berita yang ternyata salah tapi kita menyakininya bahwa berita itu benar. Berita seperti itu sering diteruskan (sebarkan) dalam medsos semisal dalam WhatsApp (WA) dan lain-lain," jelasnya.  

Selain itu, dalam perkembangan teknologi informasi juga muncul olgaritma media sosial. "Olgaritma ini berfungsi sebagai alat anasis konten di facebook ketika kita men-like sesuatu. Apa yang kita like akan dicatat sebagai kesukaan atau hobi lalu kegiatan itu dicatat sebagai profil pengguna medsos secara sistemik atau otomatis,” imbuhnya.

Ia juga memberi semangat kepada peserta yang hadir pada acara tersebut.

“Untuk menjadi orang sukses, maka perlu kerja keras, bersungguh-sungguh dan bertangungjawab karena profesionalisme sangat penting dlm jurnalistik," tandasnya. 

Acara tersebut diawali dengan sambutan Direktur Pascasarjana Dr. Danial, MA.

Dalam sambutanya Danial menyinggung tentang pentingnya komunikasi dan tabayyun (verifikasi) terhadap semua berita.berita yang benar itu menjadi penerang (nur) bagi kegelapan (dhulumat). "Kata dhulumat dalam bentuk plural yang berarti kegelapan berasal dari beragam sumber. Sementara Nur (cahaya) dalam bentuk single, hal ini bermakna bahwa untuk menerangi kegelapan yang berasal dari banyak sumber cukup dengan satu cahaya," jelasnya. 

Acara dibuka oleh Wakil Rektor II Dr. Darmadi, M.Si, dan dimoderatori oleh Dr. Marhamah, M.Si sekaligus sebagai ketua program studi KPI.

Dr Marhamah.M.Si. Ketua Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), dalam sambutannya mengatakan sangat senang atas kehadiran Pimred The Jakarta Post, Nezar Patria.M.Sc, mengunjungi Kampus IAIN Malikussaleh Lhokseumawe untuk mengisi kuliah umum ini.

“Ini kesempatan yang langka dikarenakan beliau adalah Pimpinan Redaksi The Jakarta Post,  yang juga sangat berpengalaman dalam perkembangan media massa ke depan,” jelasnya.

Marhamah juga berharap, pengguna medsos harus cerdas dalam memilih berita.

"Jangan sampai kita terkotak sebagai konsumen berita hoax. Dengan sistim olgaritma medsos kita akan dikirimi berita-berita serupa yang kita sukai. Ketika itu terjadi, maka sesungguhnya kita sedang berada dalam satu ruang dimana kita hanya mendengarkan suara yang sama dalam satu ruang tertutup dan kita terkunci didalamnya. kita tidak lagi mendapatkan berita berimbang dari perpektif lain," ujarnya. 

“Semoga dengan kehadiran beliau, mahasiswa KPI dan para Dosen bisa lebih semangat dalam mengekpresikan ilmu jurnalitiknya agar bisa diserap oleh dunia media di kemudian hari,” pungkasnya.

Reporter : Nurmansyah
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Pawai Lampion Sambut 1 Muharram 1441 H, Polres Situbondo Laksanakan Pengamanan
Berita Selanjutnya Oknum Kades Meninggal Dalam Mobil Diduga Sedang Wik-wik

Komentar Anda