Portal Indonesia
Idul adha

Peduli HIV/AIDS, UPT Puskesmas Banyuglugur dan PT. PJB Paiton Lakukan MoU

berita terkini
Penandatanganan MoU UPT Puskesmas Dengan CSR PT. PJB Paiton
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, SITUBONDO - UPT Puskesmas Banyuglugur melalui gerakan masyarakat peduli terhadap HIV/AIDS (GEMPITHA) dalam upayanya untuk menekan laju penyebaran HIV/AIDS terus digalakan di Kecamatan Banyuglugur Kabupaten Situbondo. Bahkan, gerakan masyarakat peduli terhadap HIV/AIDS ini, disupport oleh PT. PJB Paiton, Probolinggo. 

Tidak tanggung-tanggung, wujud support kali ini dalam bentuk kegiatan sarasehan dan kerjasama yang tertuang dalam MoU dimana penandatanganan MoU dilakukan oleh Kepala UPT Puskesmas Banyuglugur dengan PT. PJB Paiton, di Aula UPT Puskesmas Banyuglugur, Rabu (13/08/2019).

Penandatangan MoU ini merupakan bentuk keseriusan antara UPT Puskesmas Banyuglugur dengan PT. PJB Paiton dalam pengendalian dan pencegahan penularan HIV/AIDS yang terus bertambah di wilayah Banyuglugur.

Dalam acara penandatanganan MoU ini, turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo, sejumlah jajaran Forpimka Banyuglugur, tokoh Masyarakat dan Siber Gemphita.

"Hari ini kita dapat melihat sebuah bentuk kerjasama pengendalian dan pencegahan HIV/AIDS. Mudah-mudahan dengan MoU ini, kita semakin sinergi mensosialisasikan kepada masyarakat tentang bahaya HIV/AIDS dan mencegah penyebarannya yang terus mengancam generasi bangsa ini", ujar Kepala UPT Puskesmas Banyuglugur Zainuddin, S.Kep Ners.

Kata Zainuddin, dengan penandatanganan MoU ini, dapat menjalin sinergi profesional dan proporsional dalam menekan laju penyebaran HIV/AIDS. "Ini merupakan tujuan di adakan Gerakan Masyarakat Peduli terhadap HIV/AIDS sekaligus menghapus stigma diskriminasi ODHA di Bumi Sholawat Nariyah ini," harapnya.

Pada acara ini, wakil dari Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo Heriawan, SKM, M.Si mengatakan, Kabupaten Situbondo berada diperingkat nomor 8 se Jawa Timur dan sudah lebih dari 1000 orang mengidap virus HIV/AIDS yang didominasi oleh usia muda dan produktif. "Hal ini membuat pemerintah prihatin. Oleh karena itu diminta kepada masyarakat untuk berprilaku sehat dan menjahui sex bebas," tambahnya. 

Dengan MoU ini, Heriawan mewakili Dinkes Situbondo, bukan cuma seremonial saja. "Tapi harus ada kegiatan kongkrit demi mencegah dan mengendalikan laju penularan HIV/AIDS," tandasnya. 

Sementara perwakilan dari PT. PJB Paiton, Sukirman mengatakan CSR PT. PJB Paiton akan terus mensuport kegiatan Gemphita ini bahkan akan mengadakan kegiatan - kegiatan pemberdayaan masyarakat. "Khususnya di wilayah Banyuglugur terutama terhadap masyarakat yang sudah terjangkit HIV/AIDS," pungkasnya.

Langkah kerjasama dan kegiatan sosial ini, juga mendapat dukungan penuh dari pihak Polsek dan Koramil Banyuglugur, demi menyelamatkan generasi bangsa dan meminimalisir korban HIV/AIDS.

Reporter : Muhidin
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya 5 Hari Hilang, Nelayan Asal Indramayu Ditemukan Tak Bernyawa
Berita Selanjutnya GMBI Laporkan Dugaan Aliran Dana Suap Menuju Kursi Legislatif ke Polisi  

Komentar Anda