Portal Indonesia
Idul adha

Mengenang Jasa Para Pendahulu, Komandan Lanudal Juanda Ajak Tabur Bunga

berita terkini
Komunitas otomotif saat lakukan rangkaian atraksi dalam Hari Jadi ke-55 Lanudal Juanda Surabaya
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, SIDOARJO – Dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-55 Lanudal Juanda, berbagai kegiatan digelar di Bandara Juanda Sidoarjo, Selasa (13/8/2019). Kegiatan ini, antara lain jalan gembira, fun bike, dan demo komunitas otomotif.

Komandan Lanudal Juanda Kolonel Laut (P) Bayu Alisyahbana, SH, yang memimpin acara  tersebut juga mengajak lakukan tabur bunga di landasan pacu bandar udara Juanda.

Dari informasi yang dihimpun, acara tabur bunga yang dilakukan di landasan udara itu untuk mengenang kembali jasa-jasa para pendahulu yang telah membangun Pangkalan Udara Juanda sebagai corong pertahanan di wilayah Jawa Timur.

Saat ditemui oleh awak media, Kololnel Laut Bayu mengatakan, bahwa momen ini diabadikan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena untuk mengenang bagaimana beratnya perjuangan para pendahulu untuk membangun pangkalan dan landasan TNI AL atas perintah langsung dari Presiden RI Soekarno dalam rangka pembebasan Irian Barat.

Pasalnya, dalam mengenang dan mengembalikan Marwah Pangkalan dan landasan pacu Bandara Juanda adalah bagian dari Pangkalan militer TNI-AL (Lanudal Juanda).

“Pada tahun 1944 untuk kepentingan pesawat-pesawat TNI-AL dalam operasi militer perebutan kembali irian barat, disitulah jauh sebelum adanya Bandara Juanda hanya ada Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut Juanda", ungkapnya.

Disamping itu, selesai acara para Ibu Jalasenastri Cab. 3 Puspenerbal, lakukan sosialisasi terhadap masyarakat sekitar untuk memberikan wawasan sejarah tentang Lanudal Juanda ini.

Pangkalan Udara Angkatan Laut Juanda yang juga sebagai “enclave civil” atau penggunaannya juga sebagai jalur kepentingan sipil.

Komandan Lanudal Juanda (Kol.Laut Bayu) menegaskan, bahwa dalam penutupan Hari Jadi Lanudal Juanda pada tanggal 15 Agustus nanti, kami akan melakukan kegiatan Bhakti Sosial seperti pengobatan mata gratis kepada masyarakat sekitar.

Reporter : Rizal
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Kwaran Pramuka Widasari Gelar Jambore Pramuka
Berita Selanjutnya GMBI Laporkan Dugaan Aliran Dana Suap Menuju Kursi Legislatif ke Polisi  

Komentar Anda