Portal Indonesia
Habibie

Diduga Pakai Politik Uang, Warga Minta Pelantikan Calon Kades Roworejo Terpilih Ditunda 

berita terkini
Saat sejumlah perwakilan masyarakat Desa Roworejo, Kecamatan/Kabupaten Kebumen di posko AMAK
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, KEBUMEN - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Roworejo, Kecamatan Kebumen yang telah selesai dilaksanakan secara serentak 25 Juni 2019 bersama sejumlah desa lainnya di Kabupaten Kebumen, masih menyisakan sejumlah persoalan di tengah tengah masyarakat setempat. 

Persoalan tersebut, kemudian diadukan oleh sejumlah perwakilan masyarakat Desa Roworejo ke posko Aliansi Masyarakat Anti Wuwur Kebumen (AMAK). 

Salah satu perwakilan masyarakat Roworejo, Ahsan Sajadi mengatakan, bahwa pihaknya mengajukan gugatan melalui posko AMAK terkait calon Kades Roworejo terpilih yang diduga telah melanggar kesepakatan bersama dan Perda tentang Pilkades. 

"Untuk mempengarui para calon pemilih, diduga calon kades terpilih itu melakukan maney politik dan perbuatannya itu dinilai telah melanggar kesepakatan bersama dan Perda tentang Pilkades," kata Ahsan kepada portalindonesia.net, Senin (15/7/2019). 

Lebih jauh Ahsan mengatakan, saat digelar sosialisai tentang Pilkades di balai Desa Roworejo, Ketua Panitia Pilkades telah menegaskan didepan forum tentang larangan keras memberikan wuwuran (money politik) berbentuk apapun kepada pemilih. "Ketika itu, kedua pihak calon kepala desa telah sepakat untuk mentaati peraturan tersebut," tandasnya. 

Namun setelah itu, kata Ahsan, ditemukan sejumlah bukti yang mengarah kepada calon nomor urut 1 atau calon kades terpilih. "Diduga calon kepala desa terpilih itu telah melakukan pelanggaran berupa memberikan uang kepada calon pemilih dengan tujuan meminta dukungannya," beber Ahsan Sajadi. 

Lanjut Ahsan, pembuktian lainnya yang mengarah pada pelanggaran, juga ada. "Saat hari pencoblosan, calon no1 telah membagikan nasi bungkus dari pintu ke pintu dengan tujuan agar mencoblos nomer urut 1 atau calon kepala desa terpilih sekarang," imbuhnya. 

Sebagian masyarakat meminta agar bupati untuk menunda pelantikan jabatan terhadap calon Kades Roworejo terpilih sebelum permasalahannya diselesaikan. 

Reporter : Ahmad
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Seni Jaranan Nogo Pertolo 'Hipnotis' Warga Bancar
Berita Selanjutnya Politisi PAN Atasi Kesulitan Warga Ponorogo Karena Kekurangan Air Bersih

Komentar Anda