Portal Indonesia
Habibie

Rotasi 28 Pejabat di Lingkungan Pemkab Purworejo, Ini Pesan Bupati Agus

berita terkini
Saat acara pengambilan sumpah jabatan pejabat pimpinan tingkat pratama, pejabat administrasi dan pejabat pengawas lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Purworejo.
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, PURWOREJO - Untuk meningkatan kinerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo, Bupati Agus Bastian SE MM melakukan rotasi terhadap 28 pejabat di lingkungan pemerintah setempat 

Pengambilan sumpah jabatan pejabat pimpinan tingkat pratama, pejabat administrasi dan pejabat pengawas lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Purworejo itu dilaksanakan Jumat (5/7/2019) di Ruang Arahiwang Setda Purworejo.

Pejabat yang dilantik diantaranya, Drs Pram Prasetyo Achmad MM, yang sebelumnya menjabat kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, kini menjabat menjadi asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah, Drs Sigit Budimulyanto MM dari jabatan kepala Dinas Komunikasi dan Informatika menjadi kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakan, dan perpanjangan jabatan terhadap Drs Achmad Kurniawan Kadir sebagai Inspektur Inspektorat. Sementara Dokter Budi Susanti yang semula sebagai dokter UPT Puskesmas Seborokrapyak, kini menempati pos baru di UPT Puskesmas Karanggetan Pituruh.

Selain itu, Bambang Gatot Seno Aji dari Kepala Bagian Humas dan Protokol menjadi Sekretaris Dinas Perhubungan, Anas Naryadi semula Kepala Bidang Pengendalian Kerja Sama Desa dan Kawasan Perdesaan Dinparmasdes menjadi Kepala Bagian Humas dan Protokol.

Selanjutnya, Abdul Malik dari Kepala Bagian Bina Produksi menjadi Kabid Pengembangan Kerja Sama Desa dan Kawasan Perdesaan Dinpermasdes. Kemudian satu pejabat bidang tenaga kesehatan serta 13 pejabat dilingkungan pengawas.

Dalam sambutanya Bupati Purworejo, Agus Bastian SE MM mengatakan, karier Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya dalam pengangkatan jabatan struktural bukanlah sebuah proses yang mudah dan sederhana bagi pejabat pembina kepegawaian yang berwenang. Diperlukan banyak pertimbangan agar dapat memperoleh pejabat yang tepat untuk menduduki sebuah jabatan struktural (right man on the right place). "Hal ini penting dan perlu dilakukan, karena menyangkut proses pengambilan keputusan yang tepat dapat meningkatkan motivasi dan kinerja aparatur ASN," katanya.

Menurutnya, ada hubungan yang cukup signifikan antara motivasi kerja dan kinerja seseorang. Yaitu sseorang akan meningkat kinerjanya apabila dalam bekerja ia memiliki motivasi yang tinggi. Sedangkan orang yang memiliki motivasi yang rendah akan cenderung bekerja asal-asalan dan memiliki kinerja yang tidak memuaskan. "Dengan demikian, proses pengambilan keputusan khususnya dalam hal memilih dan menempatkan ASN dalam sebuah jabatan struktural memerlukan ketelitian, kecermatan, dan pertimbangan-pertimbangan yang matang," lanjutnya.

Dijelaskannya, aparatur birokrasi merupakan orang-orang yang harus mau terus belajar untuk meningkatkan kemampuannya, belajar dari kesalahan di masa lalu untuk kemudian memperbaikinya, serta melakukan inovasi dalam pekerjaan. Sehingga akan mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi, agar misi melayani publik yang diemban dapat tercapai.

Dalam kesempatan itu Bupati juga mengiatkan kepada seluruh pejabat yang baru dilantik agar segera melaksanakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dengan sebaik-baiknya, serta menjunjung tinggi disiplin dan profesionalisme. "Saudara juga harus bisa menjaga roda organisasi di unit kerja masing-masing agar selalu on the track, dengan terus memacu peningkatan kinerja, penegakan disiplin serta pengelolaan administrasi," pesanya.

Tak hanya itu, bupati juga berpesan, sebagai pimpinan pada satuan kerja dan unit kerja, pejabat memiliki tugas  dan tanggung jawab terhadap pembinaan kepegawaian. "Untuk itu saya minta agar Saudara-saudara dapat berperilaku lebih disiplin karena Saudara-saudara akan menjadi contoh dan teladan bagi para staf yang Saudara pimpin," pungkasnya.

Reporter : Fauzi
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Menengok Pasar Tradisional Temenggungan
Berita Selanjutnya 21 Perguruan Resmi Daftar Pada Open Turnamen Karate KKI Lhokseumawe CUP I

Komentar Anda