Portal Indonesia
Habibie

Kegiatan Permata CAI ke-40 Resmi Ditutup Gubernur Jatim dan Bupati Jombang 

berita terkini
Gubernur Jatim Dra. Hj Khofifah Indarparawansa dan Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab terlihat saat diacara penutupan kegiatan perkemahan akhir tahun ajaran (Permata) CAI ke-40 di bumi perkemahan Kosambi Wojo, Desa Sambirejo, Kecamatan Wonosalam, Jombang,
ramadhan

PORTALINDONESIA.NET, JOMBANG – Gubernur Jawa Timur (Jatim) Dra. Hj Khofifah Indarparawansa M.Si dan Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab, secara resmi menutup Kegiatan Perkemahan Akhir Tahun Ajaran (Permata) Cinta Alam Indonesia (CAI) ke-40 di bumi perkemahan Kosambi Wojo, Desa Sambirejo, Kecamatan Wonosalam, Jombang, Kamis (4/7/2019) siang.

Kegiatan Permata CAI yang diadakan oleh Lembaga Dakwa Islam Indonesia (LDII) mulai 1-4 Juli tersebut, diikuti oleh 2 ribu warga LDII dari seluruh Indonesia. 

Dalam sambutannya, Khofifah merasa bangga atas antusias peserta dengan harapan para pemuda yang ikut dalam acara ini kelak menjadi pemuda yang tangguh dan dapat mengaktualisasikan menjadi karya nyata. 

Menurut Khofifah, kegiatan Permata CAI ini sebagai bentuk sepirit untuk bisa menjadi perekat persatuan bangsa. Mengingat para peserta Permata CAI ini tidak hanya dari pelajar, melainkan juga dari kalangan profesional.

"Ini merupakan energi yang luar biasa, tidak hanya dari pelajar, mahasiswa, dan ini juga ada profesional. Ini akan menjadi penguatan persatuan yang luar bisa," ujar Khofifah. 

Selain itu, Khofifah meyakini bahwa LDII bisa menjadi motor perekat persatuan. Terlebih lagi bangunan persatuan sempat terjadi keretakan selama masa pesta demokrasi kemarin.

"PR kita adalah persatuan dan persaudaraan yang kuat. Kalau ini dihadirkan dari seluruh Indonesia, bahkan ada alumni CAI dari luar negeri, maka bangunan persatuan bisa direkatkan oleh seluruh elemen strategis. Salah satunya adalah LDII," tuturnya.

Selain itu, gubernur juga menyampaikan, pentingnya peran tokoh informal leader dan religius leader untuk menterjemahkan nilai-nilai persatuan dan persaudaraan kepada masyarakat. Salah satu tokoh yang memiliki kapasitas untuk melakukan hal itu yakni, Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Gading Mangu, Jombang, KH Abdul Aziz.

"Itu mengintroduksi kemandirian, itu kan luar biasa. Mengintroduksi enterprenuership, mengintroduksi antinarkoba, itu juga luar biasa," kata Khofifah.

Sementara Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab yang juga hadir pada kesempatan tersebut memberikan apresiasi kepada LDII atas suksesnya acara tersebut.

Putri dari pahlawan nasional Abdul Wahab Hasbullah ini, juga mengatakan bahwa ajang Permata CAI yang sudah digelar selama 40 tahun terakhir ini merupakan bukti bahwa LDII telah memberikan kontribusi kepada masyarakat. 

"Jadi sudah memberikan kontribusi yang sangat luar biasa bagi masyarakat Jombang," imbuh Mundjidah.

Sementara itu, Ketua Panitia sekaligus Ketua DPD LDII Kabupaten Jombang Didik Tondo Susilo menerangkan, sasaran kegiatan Permata CAI ke-40 di Wonosalam, Jombang ini merupakan para generasi muda LDII. 

Didik juga mengatakan, kegiatan camping cinta alam Indonesia yang di ikuti lebih dari 2 ribu peserta baik dari dalam negeri maupun manca negara ini, juga diisi dengan kegiatan pembinaan dan seminar pembangunan karakter pemuda serta semangat kebangsaan Indonesia, dan seminar penanggulangan penyalahgunaan narkoba. 

"Dan Insya Alloh bisa melaksanakan apa yang kita gembleng di bumi perkemahan Kosambi Wojo ini. Terlebih lagi yang paling penting ini bisa mewujudkan persatuan antar pemuda," tandasnya. 

Disampaikan Didik, selama kegiatan ini berlangsung didatangi oleh ribuan pengunjung. "Lebih dari 16.000 pengunjung ikut meramaikan, karena pada acara ini uga diramaikan lebih dari 70 stand UKM yang menjual beragam kuliner serta cendramata," jelasnya. 

Reporter : Elang Aminudin
Editor : Abdul Hakim
444
Berita Sebelumnya Tiga Pemuda Pesta Miras di Eks Puskesmas Digrebek Satpol PP
Berita Selanjutnya Kasus Sunda Empire Aceh, Polisi Tidak Temukan Pelanggaran Pidana

Komentar Anda